Tips Cantik Alami: Lari Mampu Turunkan Berat Badan dengan Cepat, Benarkah?

Tips Cantik Alami
Tips Kecantikan | Temukan RAHASIA Semua Tips Cantik Alami disini!!! Dapatkan juga ebook PREMIUM 123 Cara ALAMI Tubuh IDEAL secara GRATIS!!! Blog ini berisi tips cantik alami tanpa make up, dan awet muda 
Lari Mampu Turunkan Berat Badan dengan Cepat, Benarkah?
Oct 31st 2014, 02:10, by nadya sandhy

Jumat, 31/10/2014 08:41 WIB

Liputan Khusus Langsing dengan Lari

Intan Kemala Sari - wolipop

img

img


Dok. Thinkstock
Jakarta - Dari sekian banyak olahraga yang ada, berlari menjadi jenis olahraga yang paling sering dilakukan. Selain mudah dan murah, olahraga ini tidak bergantung oleh tempat karena bisa dilakukan dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun. Sejatinya, banyak manfaat dari segi kesehatan yang bisa diperoleh dengan berlari, salah satunya untuk menurunkan berat badan.

Hal ini dijelaskan oleh dr. Michael Triangto, SpKO. Menurutnya, berlari dapat menurunkan berat badan karena termasuk ke dalam olahraga yang bersifat aerobik. Olahraga ini menggunakan oksigen untuk menghasilkan energi yang bertujuan untuk meningkatkan denyut jantung dalam jangka waktu tertentu sehingga sirkulasi darah, pembakaran kalori dan lemak dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Dokter yang juga praktik di Rumah Sakit Mitra Kemayoran ini mengatakan, untuk menurunkan berat badan sebaiknya lakukanlah dengan intensitas yang ringan. "Berlarinya yang ringan saja, asal dilakukan berulang-ulang dan durasinya lama, sekitar 30 menit sampai 1 jam," tuturnya ketika dihubungi Wolipop via telepon, Selasa (28/10/2014).

Pria kelahiran Jakarta, 28 Oktober 1959 ini menambahkan, para atlet maraton umumnya mempunyai bentuk tubuh yang kecil dan cenderung kurus. Ini disebabkan karena mereka mempunyai lemak yang tipis di dalam tubuhnya berkat aktvitas berlari yang dilakukan berulang-ulang.

Lebih lanjut dokter lulusan Universitas Atma Jaya ini juga menjelaskan, berlari dengan jarak pendek juga bisa dikategorikan ke dalam olahraga yang bersifat anaerobik apabila dilakukan secara cepat. Anaerobik adalah jenis olahraga yang tidak menggunakan oksigen untuk menghasilkan energi, sehingga tubuh menggunakan asam laktat sebagai sumber energinya.

"Pelari jarak pendek umumnya berlari dengan intensitas yang tinggi, gerakannya tidak banyak pengulangan, dan durasinya lebih pendek sekitar 8 detik. Jadi tidak heran bentuk badan mereka lebih kekar dan otot-ototnya lebih besar," imbuhnya lagi.

Pria yang tergabung ke dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) ini menyimpulkan, berlari memang efektif untuk menurunkan berat badan, asal dilakukan dengan intensitas ringan dan berulang-ulang. Namun sebaliknya, lari jarak pendek dan olahraga lainnya seperti angkat besi dan angkat beban dirasa kurang tepat untuk dilakukan jika ingin menurunkan berat badan, karena malah membentuk otot.

Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(int/aln)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

31 Oct, 2014


-
Source: http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656128/s/4001d16a/l/0Lwolipop0Bdetik0N0Cread0C20A140C10A0C310C0A840A140C27350A770C8490Clari0Emampu0Eturunkan0Eberat0Ebadan0Edengan0Ecepat0Ebenarkah/story01.htm
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
LihatTutupKomentar