wolipop.detik: Mengatasi Jerawat yang Meradang Jelang Lebaran

wolipop.detik
Detik.com sindikasi 
Webinar: App Messaging

Keep Your App Users Engaged. Discover How In This Push & In-App Messaging Webinar On-Demand.
From our sponsors
Mengatasi Jerawat yang Meradang Jelang Lebaran
Jul 25th 2014, 01:42

Jumat, 25/07/2014 08:42 WIB

Liputan Khusus Persiapan Lebaran

Kiki Oktaviani - wolipop

img

img


dok. Thinkstock
Jakarta - Lebaran menjadi saat untuk saling bersilaturahmi dan bermaafan. Pada momen tersebut, suasana tentunya sangat mengharukan sekaligus menyenangkan karena bisa berkumpul bersama keluarga dan kerabat.

Tapi terkadang ada saja hal yang membuat Anda jadi tidak percaya diri untuk bertemu dengan banyak orang, seperti ketika kulit tengah berjerawat. Jangan panik, ini cara mengatasinya.

1. Perawatan Wajah
Jerawat bisa timbul karena beberapa penyebab. Salah satu penyebab kulit mudah berjerawat adalah kurang teliti dalam merawat wajah. Misalnya, malas mencuci wajah dan membersihkan make-up. Untuk membuat wajah tetap higienis, cucilah wajah dua kali sehari saat pagi dan malam sebelum tidur dengan sabun yang aman bagi kulit berjerawat. Gunakan krim jerawat atau produk tea tree oil untuk membantu jerawat cepat kempis dan hilang.

2. Perawatan dari Dalam dengan Minum Jus
Penangan jerawat tidak hanya dari luar saja, namun juga dibutuhkan perawatan dari dalam tubuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jus sayuran, seperti jus wortel, jus tomat, jus brokoli, atau jus melon. Kandungan vitamin dalam sayur tersebut dapat menyehatkan tubuh sekaligus memberi nutrisi pada kulit. Agar lebih maksimal, Anda bisa mencampurkan beberapa sayuran tersebut untuk dibuat smoothie dan diminum setiap pagi.

3. Tahan Diri untuk Tidak Memencet Jerawat
Bila jerawat memang sudah sering tumbuh, usahakan untuk tidak memencetnya sembarangan. Karena salah satu komplikasi yang dapat terjadi adalah bekas jerawat yang menonjol dan menimbulkan rasa sakit. Penangan bekas seperti ini juga cukup serius yakni dengan tindakan operasi atau laser.

4. Hindari Facial
Facial bisa membuat kondisi jerawat semakin parah. Efek buruk dari facial ketika kulit berjerawat adalah kulit bisa teriritasi dan setelahnya timbul bekas jerawat, seperti flek hitam dan wajah bopeng.

5. Kamuflase dengan Make-up
Mengingat Lebaran yang tinggal beberapa hari lagi, bisa jadi saat Idul Fitri nanti jerawat belum hilang. Cara menyiasatinya adalah dengan menggunakan make-up. Pilihlah make-up seperti foundation dan bedak dengan label oil-free atau non-comedogenic. Label tersebut artinya tidak mengandung minyak dan tidak membuat kulit berkomedo, yang dapat menimbulkan jerawat. Jika perlu, pilih kosmetik dari bahan mineral atau organik agar kosmetik lebih 'ramah' dengan jerawat.

(kik/kik)
Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
084548_jerawat2.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
LihatTutupKomentar